Minggu, 23 Januari 2011

Transportasi Kereta Api

Sarana transportasi kereta api mungki sudah menjadi salah satu transportasi yang di minati atau digunakan banyak orang saat ini, hal ini dikarenakan terjangkaunya tarif dari transportasi kereta api ini. Namun apakah pihak-pihak yang mengurusi  sarana transportasi ini sudah memberikan  pelayanan yang baik kepada masyarakat ? Seperti yang dapat kita lihat KAI masih belum dapat memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Hal ini dapat dilihat atau dibuktikan mulai dari sejarah didirikannya transportasi kereta api pada zaman penjajahan Belanda. Dalam beberapa dekade waktu, seharusnya KAI sudah mampu untuk memberikan pelayanan terbaik mereka kepada publik atau masyarakat pengguna jasa kereta api. Namun sampai saat ini PT. KAI masih belum mampu menjadi perusahaan yang kuat dan mapan, dan belum mampu untuk meyakinkan para pengguna jasa mereka tentang kemampuan yang dimiliki mereka. Aspek ketepatan waktu, keamanan, kenyamanan dan keselamatan pun masih belum dapat diberikan atau ditunjukan kepada publik. Kecelakaan yang sering atau kerap kali terjadi semakin mempertebal rasa kekhawatiran para pengguna jasa kereta api, serta semakin memperburuk citra dari PT.KAI. Banyaknya tindak kejahatan seperti pencopetan yang sering sekali terjadi didalam kereta api juga membuktikan kepada masyarakat publik bahwa pihak keamanan dari PT. KAI telah lalai menjalankan tugasnya untuk menjaga keamanan para pengguna jasa kereta api.

Perbaikan Yang Perlu Dilakukan
            Banyak sekali upaya-upaya pemerintah melalau PT. KAI untuk melakukan perbaikan atau pembenahan sarana trasportasi ini, namun seperti yagn dapat dilihat upaya-upaya ini masih belum mampu memberikan hasil yang optimal. Banyaknya kelemahan dan kekurangan yang ditemukan dalam tubuh manajemen perkereta apian di sebut sebagai salah satu faktor dari ketidak berhasilan upaya-upaya tersebut.
Kelemahan-kelemahan yang terdapat dalam PT. KAI menyangkut dalam beberapa aspek, antara lain;
1.      Infrainfrastruktur,
2.      Alat angkutan,
3.      Anggaran,
4.      Sumber Daya Manusia.
Dengan diperbaikinya faktor-faktor tersebut mungkin PT. KAI akan mampu untuk memberikan pelayanan yang baik kepada para pengguna jasa trasportasi kereta api ini.

Selain itu masih banyak juga hal-hal penting yang harus dibenahi, misalnya dalam hal pemberian pelayanan kepada para pengguna jasa kereta api agar mereka merasa benar-benar nyaman saat menggunakan jasa kereta api ini. Sistem keamanan di dalam kereta juga menjadi salah satu faktor yang peerlu dibenahi melihat kondisi kerap terjadinya tindak kejahatan dan tindakan pelecehan yang terjadi di dalam kereta api.

Di perketatnya peraturan kepada para pengguna jasa kereta api juga mungkin akan membuat sarana trasportasi ini menjadi sarana transportasi yang paling murah dan nyaman untuk digunakan. Hal ini dikarenakan sering atau kerap terjadinya insiden atau kecelakaan yang terjadi kepada para pengguna jasa kereta api karena mereka berada di atas gerbong kereta.


Mengenai Kecelakaan Yang Kerap Terjadi
            Adanya kecelakaan kereta api yang kerap terjadi di tanah air sebagian disebabkan oleh faktor kesalahan manusia (human eror). Banyak sekali kecelakan yang terkadi karena kelalaian dari masinis kereta api. Namun dalam sebuah kasus real atau nyata masih terlalu dini untuk melimpahkan kesalahan tunggal kepada masinis karena dalam menjalankan lokomotif setidaknya ada 3 sistem yanh bekerja yaitu pengendalian, operasional, dam mekanis yang semuanya perlu untuk diteliti dengan seksama.

Dengan dilakukanya perbaikan-perbaikan yang sudah saya sebut di atas maka wajah perkereta apian di Indonesia akan menjadi cerah, dan juga akan berdampak pada penurunan tinggkat kecelakaan yang terjadi. Semoga saja perbaikan-perbaikan ini dapat dilakukan secepat mungkin agar para pengguna jasa kereta api dapat merasa tenang dan nyaman saat memakai jasa kereta api.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar