A.
Jenis-Jenis Profesi & Deskripsi Kerja di BIdang IT
1. IT Support Officer,
tanggung jawabnya ialah :
- menerima, memprioritaskan dan menyelesaikan permintaan bantuan IT.
- membeli hardware IT, software dan hal-hal lain yang berhubungan dengan hal tersebut.
- instalasi, perawatan dan penyediaan dukungan harian baik untuk hardware & software Windows & Macintosh, peralatan termasuk printer, scanner, hard-drives external, dll.
- korespondensi dengan penyedia jasa eksternal termasuk Internet Service Provider, penyedia jasa Email, hardware, dan software supplier, dll.
- mengatur penawaran harga barang dan tanda terima dengan supplier untuk kebutuhan yang berhubungan dengan IT.
- menyediakan data / informasi yang dibutuhkan untuk pembuatan laporan department regular.
2. Network
Administrator, mengurusi, mengoperasi, maintain, dan perawatan
jaringan LAN maupun WAN, manajemen sistem serta dukungan terhadap
perangkat kerasnya, mengarsipkan data, serta maintain dan perawatan
komputer.
3. Network Engineer,
melaksanakan komunikasi dan analisa sistem networking, mendesain
perencanaan untuk integrasi, mendukung jaringan pada internet,
intranet dan ekstranet, serta menganalisa dan ikut mengambil bagian
dalam pengembangan standardisasi keamanan dan implementasi
mengendalikan untuk keamanan LAN dan WAN. Sedangkan untuk tugas dan
tanggung jawabnya adalah maintenance LAN dan koneksi internet,
maintenance hardware, maintenance database dan file, help desk, dan
inventory.
4. IT Programmer,
tanggung jawabnya adalah mengambil bagian dalam pengembangan dan
integrasi perangkat lunak, mengembangkan secara aktif kemampuan dalam
pengembangan perangkat lunak, menerima permintaan user untuk
masalah-masalah yang harus diselesaikan, menyediakan dukungan dan
penyelesaian masalah konsumen baik untuk konsumen internal maupun
eksternal, bertanggung jawab atas kepuasan terkini pelanggan,
melakukan tugas-tugas yang berkaitan dan tanggung jawab yang diminta,
, mengerjakan macam-macam tugas terkait seperti yang diberikan, dan
membentuk kekompakan maksimum dalam perusahaan bersama dengan
rekan-rekan dalam perusahaan.
5. Analyst Programmer,
merancang, membuat kode program dan menguji program untuk mendukung
perencanaan pengembangan aplikasi sistem.
6. Web Designer,
mengembangkan rancangan inovatif aplikasi web-based beserta isi dari
aplikasi tersebut.
7. Systems Programmer
/ Software Engineer, terbiasa dengan pengembangan software ‘life
cycles’, memiliki ketrampilan dalam merancang aplikasi, menyiapkan
program menurut spesifikasi, dokumentasi / ’coding’, dan
pengujian.
8. IT Executive,
memelihara kecukupan, standard dan kesiapan sistem / infrastruktur
untuk memastikan pengoperasiannya dapat efektif dan efisien, serta
menerapkan prosedur IT dan proses untuk memastikan data terproteksi
secara maksimum.
9. IT Administrator,
menyediakan implementasi dan administrasi yang meliputi LAN, WAN dan
koneksi dial-up, firewall, proxy serta pendukung teknisnya.
10. Database
Administrator, bertanggung jawab untuk administrasi dan
pemeliharaan teknis yang menyangkut perusahaan dalam pembagian sistem
database.
11. Systems Engineer,
menyediakan rancangan sistem dan konsultasi terhadap pelanggan,
memberikan respon terhadap permintaan technical queries serta
dukungannya, dan melakukan pelatihan teknis ke pelanggan dan IT
administrator.
12. Helpdesk Analyst,
me-’remote’ permasalahan troubleshoot melalui email / telephone
dengan cara mengambil alih kendali para pemakai via LAN/WAN koneksi,
serta perencanaan, mengkoordinir dan mendukung proses bisnis, sistem
dan end-users dalam menyelesaikan masalah yang mereka hadapi.
13. ERP Consultant,
memberikan nasehat teknis ataupun fungsional pada implementasi solusi
ERP, dan harus mempunyai beberapa pengetahuan tertentu dalam rangka
memetakan proses.
14. Account Manager,
bertanggung jawab untuk kemajuan penjualan suatu solusi dan / atau
produk serta target pendapatan.
15. Bussiness
Development Manager, secara umum mengetahui kebutuhan akan
pelanggan, memiliki ketajaman yang diperlukan dalam menopang dan
menguntungkan bisnis, serta mempunyai kemampuan luas yang mampu
menyerap dan berkomunikasi jelas tentang bisnis kompleks serta konsep
teknologi.
16. IT Manager,
mengatur kelancaran dari sistem IT, troubleshooting dan membantu
organisasi dalam menangani permasalahan IT, dan sesuai dengan
pengembangan IT yang baru dalam bidang yang diperlukan.
17. Project Manager,
merencanakan, memberi arahan dan melaksanakan aktivitas manajemen
proyek untuk suatu divisi / area, memonitor progress terhadap jadwal
dan anggaran proyek, dan mengalokasikan atau membantu mengalokasi
sumber daya sesuai dengan hasil proyek yang harus diselesaikan.
B.
Standar Profesi ACM dan IEEE
ACM (Association for
Computing Machinery)
ACM atau Asosiasi untuk
Permesinan Komputer adalah sebuah serikat ilmiah dan pendidikan
komputer pertama di dunia yang didirikan pada tahun 1947. Anggota ACM
sekitar 78.000 terdiri dari para profesional dan para pelajar yang
tertarik akan komputer. ACM bermarkas besar di Kota New York. ACM
diatur menjadi 170 bagian lokal dan 34 grup minat khusus (SIG), di
mana mereka melakukan kegiatannya. ACM telah menciptakan sebuah
perpustakaan digital di mana ia telah membuat seluruh publikasi yang
tersedia. ACM perpustakaan digital merupakan koleksi terbesar di
dunia informasi mengenai mesin komputasi dan berisi arsip jurnal,
majalah, prosiding konferensi online, dan isu-isu terkini ACM
publikasi. Layanan online termasuk forum yang disebut Ubiquity dan
Tech News mencerna, baik yang berisi informasi terbaru tentang dunia
IT.
IEEE (Institute of
Electrical and Electronics Engineers)
IEEE (Institute of
Electrical and Electronics Engineer) merupakan asosiasi professional
terbesar di dunia yang didedikasikan atau dibuat untuk memajukan
inovasi teknologi dan kesempurnaan untuk kepentingan kemanusiaan.
IEEE adalah sebuah organisasi profesi nirlaba yang terdiri dari
banyak ahli di bidang teknik yang mempromosikan pengembangan
standar-standar dan bertindak sebagai pihak yang mempercepat
teknologi-teknologi baru dalam semua aspek dalam industri dan
rekayasa (engineering), yang mencakup telekomunikasi, jaringan
komputer, kelistrikan, antariksa, dan elektronika.
Proses pembangunan IEEE
standar dapat dipecah melalui tujuh langkah dasar yaitu:
- Mengamankan SponsorMeminta Otorisasi Proyek
- Perakitan Kelompok Kerja
- Penyusunan Standard
- Pemungutan suara
- Review Komite
- Final Vote
C.
Standar Profesi di Indonesia dan Regional
Berdasarkan perkembangan
Teknologi Informasi secara umum, serta kebutuhan di Indonesia serta
dalam upaya mempersiapkan diri untuk era perdagangan global. Beberapa
usulan dituangkan dalam bab ini. Usulan-usulan tersebut disejajarkan
dengan kegiatan SRIG-PS (SEARCC), dan IPKIN selaku perhimpunan
masyarakat komputer dan informatika di Indonesia. Juga tak terlepas
dari agenda pemerinta melalui Departemen terkait.
Langkah-langkah yang
diusulan dengan tahapan-tahapan sebagai beriku :
- Penyusunan kode etik profesiolan Teknologi Infomrasi
- Penyusunan Klasifikasi Pekerjaan (Job) Teknologi Informasi di Indonesia
- Penerapanan mekanisme sertifikasi untuk profesional TI
- Penerapan sistem akreditasi untuk Pusat Pelatihan dalam upaya Pengembangan Profesi
- Penerapan mekanisme re-sertifikasi
Promosi Standard Profesi
Teknologi Informasi
Beberapa rencana kegiatan
SRIG-PS pada masa mendatang dalam upaya memasyarakatkan model
standardisasi profesi dalam dunia TI adalah :
- Distribusi dari manual SRIG-PS di SEARCC”96 di Bangkok.pada bulan Juli 1996.
- Promosi secara ekstensif oleh para anggota dari 1996-1997
- Presentasi tiap negara yang telah benar-benar mengimplementasikan standard yang berdasarkan model SRIG-PS, pada SEARCC’97 di New Delhi. Ini merupakan penutupan phase 2 dari SRIG-PS.
Untuk memasyarakatkan
stardisasi profesi dan sistem sertiikasi ini, maka harus dilakukan
lebih banyak promosi dalam penyebaran standard kompetensi. Promosi
akan dilakukan melalui radio, majalah, atau bahkan TV. Terlebih lagi,
adalah penting untuk mempromosikan standard ini ke pada institusi
pendidikan, teurtama Bagian Kurikulum, karena pendidikan Teknologi
Informasi harus disesuaikan agar cocok dengan standard yang akan
diterapkan dalam industri.
Rencana strategis dan
operasional untuk mempromosikan implementasi dari rekomendasi SRIG-PS
di negara-negara anggota SEARCC.
- Pemerintah, untuk memberi saran kepada pemerintah, dan pembuat kebijaksanaan dalam bidang TI dalam usaha pengembangan sumber daya manusia khususnya bidang TI.
- Pemberi Kerja, untuk membangkitkan kesadaran di antara para pemberi kerja tetang nilai-nilai dari standard profesional dalam meningkatkan kualitas profesional TI.
- Profesional TI, untuk mendorong agar profesional TI, dari negara anggota melihat nilai-nilai snatndar dalam profesi dak karir mereka.
- Insitusi dan Penyusun kebijaksanaan Pendidikan, untuk memberi saran pada pembentukan kurikulum agar dapat memenuhi kebutuhan dan standard profesional di regional ini dalam Teknologi Informasi.
- Masyarakat Umum, untuk menyadarkan umum bahwa Standard Profesional Regional adalah penting dalam menghasilkan produk dan jasa yang berkualitas.
Untuk mempromosikan model
standardisasi dalam dunia TI ini, SEARCC memiliki berbagai
perencanaan kampanye antara lain :
- Publikasi dari Standard Profesional Regional diterbitkan di seluruh negara anggota
- Presentasi secara formal di tiap negara anggota.
- Membantu implementasi standard di negara-negara anggota
- Memonitor pelaksanaan standard melalui Himpunan/Ikatan nasional
- Melakukan evaluasi dan pengujian
- Melakukan perbaikan secara terus menerus
- Penggunaan INTERNET untuk menyebarkan informasi mengenai standard ini.
Untuk mengimplementasi
promosi di Phase 2, SRIG-PS memperoleh dana bantuan yang akan
digunakan untuk :
- Biaya publikasi : disain, percetakan dan distribusi
- Presentasi formal di negara anggota
- Membantu implementasi standar di negara anggota
- Pertemuan untuk mengkonsolidasi, memonitor, dan bertukar pengalaman
Adalah penting untuk
menyusun WEBpage mengenai Standardisasi Profesi pada Teknologi
Informasi. WEBpage ini akan memberikan informasi mengenai model
SRIG-PS dan model standard di Indonesia.
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar